Yang Membuat Bumi Spesial Dibandingkan Planet Lain

Yang Membuat Bumi Spesial Dibandingkan Planet Lain – Bumi adalah planet yang spesial. Ia memiliki air, lempeng tektonik, dan atmosfer yang melindungi dari sinar matahari yang buruk. Tetapi banyak ilmuwan setuju bahwa yang membuat planet kita paling istimewa adalah keberadaan manusia.

Bumi adalah satu-satunya planet yang kita kenal yang memiliki kehidupan, menurut Alan Boss, ahli teori pembentukan planet di Carnegie Institution of Washington di Washington, D.C.

Meskipun benda-benda lain di tata surya kita, seperti bulan Saturnus yang bernama Titan, tampak seperti mereka pernah ditinggali, dan para ilmuwan masih berharap pada penemuan mikroba di bawah permukaan Mars, Bumi masih satu-satunya planet yang dikenal mendukung kehidupan.

Sejauh ini, ilmuwan belum menemukan planet lain yang layak huni, kata Alex Wolszczan dari Pennsylvania State University, yang ikut menemukan planet pertama di luar tata surya kita. Dia setuju bahwa adanya kehidupan merupakan karakteristik Bumi yang paling mengesankan.

Tak satupun dari ini adalah kebetulan. Memahami apa yang istimewa tentang Bumi sangat penting untuk menemukan planet lain di luar sana dan memprediksi seperti apa mereka.

Fakta bahwa Bumi tidak hanya memiliki kehidupan saja, tetapi kehidupan yang senantiasa berkembang, menjadikannya dua kali lipat lebih unik. Dan kehidupan yang berkembang dari planet ini bahkan telah mengembangkan roket yang memungkinkan perjalanan ke luar planet ini, kata Gregory Laughlin, ahli astrofisika dan pemburu planet di Universitas California, Santa Cruz.

Selama setengah abad terakhir, kehidupan di planet Bumi telah menyusun benda logam (menjadi roket dan satelit) dan telah melemparkan benda-benda tersebut ke planet lain di tata surya, kata Laughlin, menambahkan bahwa pencapaian ini seharusnya dianggap sebagai sifat istimewa dari planet kita.

Dari sudut pandang antroposentris, secara alami kita terpisah dari planet tempat kita hidup, tetapi jika seseorang mengadopsi sudut pandang pengamat eksternal, adalah ‘planet’ ini yang telah melakukan hal-hal luar biasa ini, katanya pada SPACE.com.

Yang Membuat Bumi Spesial Dibandingkan Planet Lain

Dunia air

Yang membuat bumi spesial adalah karena adanya air. Untuk kehidupan, atribut yang paling istimewa di planet Bumi ini memiliki sejumlah fitur ideal. Ini unik karena di antara planet-planet di tata surya, hanya Bumi yang memiliki air dalam bentuk cair di permukaan, dan dalam jumlah yang kondusif bagi kehidupan yang berevolusi.

Atribut paling mengesankan dari Bumi adalah keberadaan dan jumlah air yang melimpah di permukaannya, kata Geoffrey Marcy, seorang astronom di University of California, Berkeley yang telah membantu menemukan puluhan planet extrasolar.

Tidak ada yang tahu mengapa Bumi memiliki air dengan jumlah tersebut, yang relatif kecil mengingat jumlah molekul air melebihi jumlah molekul silikat di galaksi, katanya.

Bumi sangat luar biasa karena jumlah air yang dimilikinya, tidak terlalu banyak untuk menutupi gunung-gunung, dan tidak sedikit sehingga menjadi gurun yang kering, seperti halnya Mars dan Venus, planet ‘saudara kita’, katanya.

Planet Goldilocks: Yang Membuat Bumi Spesial

Air bumi juga istimewa karena tetap cair untuk waktu yang lama. Bagaimana air di Bumi bisa tetap berbentuk samudera sementara air di planet lain membeku atau menguap?

Banyak detail yang perlu dipelajari, mengapa Bumi adalah satu-satunya planet dengan air berbentuk cair di tata surya kita, kata Diana Valencia, seorang mahasiswa pascasarjana di bidang Ilmu Bumi dan Planet di Universitas Harvard. Tentu saja jarak ke matahari menjadi salah satu faktor. Planet yang lebih dekat akan menerima terlalu banyak energi dari matahari, dan planet yang terlalu jauh akan dengan mudah mendapat air yang beku.

Lokasi planet kita di tata surya yang tepat seperti Goldilocks telah membantu, seperti halnya sistem lempeng tektoniknya? Gerakan lempeng bumi ini diperkirakan terus menciptakan jajaran gunung yang menjulang tinggi di planet ini dan terus memperdalam kedalaman laut.

Adalah fakta bahwa Bumi memiliki lempeng tektonik yang memungkinkan siklus karbon-silikat untuk beroperasi dalam rentang waktu geologis, kata Valencia. Dengan siklus karbon-silikat, tingkat karbon di atmosfer menjadi teratur untuk menjaga suhu permukaan air tersebut.

Lempeng tektonik dan air memiliki hubungan erat. Tidak hanya lempeng tektonik memungkinkan air yang cair untuk terus ada dengan cara mengatur suhu, tetapi banyak ilmuwan berpendapat bahwa air merupakan penyebab lempeng tektonik bergerak.

Tanpa air, planet ini akan mati secara geologis, kata Mike Brown dari Caltech, penemu objek ‘plutoid’ yang baru diklasifikasikan bernama Eris, yang terletak di luar Pluto di tata surya kita. Air adalah partikel yang melumasi lempeng tektonik, yang menyebabkan perbedaan ekstrim antara benua dan dasar laut, menyebabkan gempa bumi dan gunung berapi dalam jumlah besar, dan pembentukan gunung yang baru. Venus tidak memiliki air, lempeng tektonik, laut dalam, gunung, benua, dan mungkin hanya beberapa gunung berapi dan sesekali terjadi gempa bumi. Tempat yang kurang menarik secara geologis!

Aspek lain dari Bumi adalah ukurannya: jika ukurannya jauh lebih kecil, ia tidak akan dapat bertahan dengan atmosfer yang ada, tetapi jika lebih besar dan mungkin atmosfer akan menjadi gas raksasa yang terlalu panas untuk kehidupan di planet tersebut.

Kehadiran planet saudara kita, Jupiter di tata surya membantu menghalangi Bumi dari banyak puing-puing yang masuk ke tata surya kita, juga telah membantu Bumi menjadi tempat berlindung yang aman bagi kehidupan. Jupiter bertindak seperti sapu raksasa, menyapu puing-puing tata surya? Batu sekecil mobil dan sebesar bulan? Yang bisa mematikan kehidupan dalam satu serangan fatal. Efek perlindungan ini sangat membantu pada tahun-tahun awal tata surya kita, ketika Bumi masih terus dihantam puing-puing tersebut, tetapi kata para ilmuwan, itu tidak seburuk yang akan terjadi jika tanpa Jupiter.

Bulan yang bersahabat

Kehidupan di Bumi juga dapat berutang pada tetangga terdekat kita, bulan.

Bulan menstabilkan rotasi planet kita, mencegah gerakan kutub yang drastis yang dapat menyebabkan perubahan besar pada iklim yang menurut beberapa ilmuwan bisa menghancurkan kesempatan untuk memulai kehidupan untuk berevolusi.

Bulan juga membantu menarik gelombang laut, yang menurut para ilmuwan mungkin merupakan tempat yang sempurna bagi kehidupan awal untuk mulai berevolusi dan bertahan hidup di darat.

Meskipun Bumi memiliki unsur-unsur yang diperlukan untuk kehidupan, tidak jelas apakah perkembangan kehidupan di sini mungkin hanya kebetulan, atau apakah itu sesuatu yang terjadi jika kondisinya tepat.

Bumi Langka

Semua ini membuat Bumi istimewa di antara planet-planet yang dikenal baik dekat maupun jauh.

Anda selalu mendengar bagaimana Mars mirip Bumi, tetapi jika Anda pergi ke Mars, Anda tidak akan merasa bahagia di sana, kata astronom Universitas Washington Don Brownlee, penulis buku “Rare Earth” (Springer, 2003). Mars tidak seperti Bumi. Dan Titan, ketika probe bernama Huygens mendarat, media memberitakan bahwa Titan mirip dengan Bumi.

Baca Juga: Informasi dan Fakta Seputar Bumi

Mirip dengan Bumi? Sama sekali berbeda. Ia memiliki metana di permukaan. Venus memiliki massa yang hampir sama seperti Bumi, jaraknya dari matahari hampir sama dengan Bumi. Tapi Venus tetaplah berbeda dengan Bumi, tidak ada lautan, tidak ada lempeng tektonik, dan itu bukan tempat yang Anda inginkan.

Sejauh ini, kita belum melihat planet di luar tata surya yang sangat mirip dengan Bumi.

Dari hampir 300 planet lain di galaksi, sebagian besar mirip dengan Jupiter versi lebih panasnya, planet-planet besar yang mengorbit dekat dengan bintang-bintang mereka, di mana kehidupan dan air tidak mungkin ada.

Brownlee ragu bahwa di tipikal bintang di galaksi kita memiliki planet seperti Bumi di sekitarnya. Ia yakin ada banyak planet di galaksi yang agak mirip dengan Bumi, tetapi gagasan bahwa mereka adalah planet yang sama adalah tidak masuk akal.

Pandangan Brownlee mungkin masih menjadi minoritas.

Bumi yang tidak terlalu istimewa

Seiring teknologi perburuan planet kita meningkat, banyak pemburu planet berharap menemukan kembaran Bumi. Pencarian telah menyebabkan para ilmuwan memperdebatkan apakah Bumi benar-benar istimewa seperti yang kita pikirkan.

Dalam 10 tahun terakhir, semuanya telah menunjukkan bahwa tata surya yang kami pikir unik, ternyata sama sekali tidak unik, kata Alan Boss.

Alan dan banyak ilmuwan lain berpikir bahwa ada kemungkinan beberapa bentuk kehidupan di beberapa planet lain yang tak terhitung jumlahnya di luar sana.

Tentu saja akan ada planet lain yang dapat mendukung kehidupan, katanya. Saya pikir kehidupan sebenarnya sangatlah umum. Saya pikir kita akan menemukan ada miliaran dari mereka di galaksi.

Yang membuat bumi semakin spesial adalah karena di bumi, kita semua bisa bermain slot online untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari internet. Menarik sekali, bukan? Maka dari itu, sayangilah bumi kita.